Pages

Thursday, April 10, 2014

Bolu Peuyeum / Cake Tape Singkong

Assalamualaikum..
Apa kabar semua? Woooo gak kerasa ya saya benar-benar 'cuti' nge-blog selama setahun. Postingan saya yang terakhir itu bulan April 2013 dan sekarang sudah bertemu April lagi, 2014.  Gak tau kenapa tiba-tiba mood untuk mengisi blog ini muncul lagi.  Aktivitas 'mengacak-acak dapur' masih saya jalani.  Narsis dengan hasil karya juga masih tinggi tapi belakangan saya cuma mengandalkan facebook untuk memamerkan kue-kue saya.  Dan lagi saya bergabung dengan beberapa group yang berhubungan dengan makanan dan masak memasak, seperti NCC, Langsungenak, BKR, dll.  Seru juga ngumpul disana, bareng penyuka masak lain.  Bisa berbagi resep dan tips. 

Kabar saya alhamdulillah semakin baik.  Lagi ngisi lagi ni... Saffa bentar lagi punya adek bayi insya Allah.  Sekarang udah jalan 6 bulan,  Kehamilan kedua lebih banyak keluhan, mual, pusinh, pegal-pegal, mudah cape.  Bahkan pernah kehilangan mood baking, sama sekali hilang, itu di trimester awal.  Boro-boro deh pengen eksekusi  resep, makan kue pun hilang mood.  Bersyukur sih, bisa memangkas budget dapur.  Tau sendiri kan kalo hobinya baking, pengeluaran ekstra buat menyalurkan hobi juga gak sedikit.  Nah, masuk usia kehamilan 5 bulan, gairah baking dateng lagi.  Resep ampe antri deh pengen dicoba semua. hehe..  Salah satunya kue ini nih, bolu peuyeum.  Yang ini mah kue ngidam,hihi..  Kebayang-bayang terus sampe seminggu lebih...Beli peuyeum dengan perjuangan.  Masuk ke pasar sempit, nyari-nyari yang jualan tape.  Alhamdulillah nemu.  Tapi sempet dibikin bete juga ma penjual tapenya.  Harga mahal, kita gak boleh pilih tapenya, plus timbangan yang kurang sampe lebih dari 200gram.  Tapi demi bolu peuyeum yang terus membayang, haha, proses niaga yang tidak memuaskan saya ignore sajah.  Nyampe rumah langsung eksekusi.  Daaaann ini dia hasilnya...  kuenya uenak, lembut, manisnya pas.  Terbayar sudah hutang saya sama debay di perut.  Alhamdulillah, puas dan nikmat.

asli enaaaakk...

Resepnya saya ngikut dari blognya mbak Ricke bunda Nadhifa.  Ah,cocok sekali dengan resep ini.  Resep asli untuk taburan pake keju ya.  Saya pake sukade karena suami kurang suka keju.

Karena saya suka tekstur kue yang padat tapi lembut, saya sengaja menyimpan kue untuk dimakan esok harinya.  jadi ya, si kue ini kan mirip butter cake.  makin lama disimpan, makin enak rasanya makin padet teksturnya.  Banyak yang suka bolu hangat, saya sukanya bolu dingin :D.  Hal serupa saya perlakukan juga lho buat brownies yang biasanya makin lama disimpan makin padet, chewy, dan mulai oily teksturnya.

Gak nyesel bikin kue ini.  Lain kali bikin ah buat mertua yang doyan banget sama tape singkong.  Mudah-mudahan suka juga ya. 
Buat teman-teman yang pengen juga tapi lagi males bikin, boleh juga lho order saya,hehehe... untuk daerah sekitar bandung aja yaaa.. ;)

No comments:

Post a Comment